Fakta – Fakta Tentang Facebook

Berbisnis via Facebook

  • Digunakan oleh lebih dari 800 juta pengguna di seluruh dunia
  • Rata – rata setiap orang memiliki 130 teman di facebook.
  • Penggunanya menghabiskan waktu lebihd ari 700 miliar menit per bulan atau 46 menit per orang per hari.
  • Rata – rata pengguna terhubung dengan 80 halaman, group dan event.
  • Rata – rata pengguna membuat 90 konten per bulannya.
  • 30 miliar link yang dibagikan setiap bulannya meliputi notes, photo maupun tautan lainnya.
  • Lebih dari 350 juta pengguna aktif menggunakan ponsel sebagai jalur aksesnya.
  • Pengguna facebook melalui ponsel dua kali lebih aktif
  • Lebih dari 200 operator di 60 negara bermitra dengan facebook termasuk diantaranya Indonesia.

Dengan berbagai kelebihan itu, facebook merupakan media sosial yang sangat potensial digunakan sebagai media pemasaran sebuah produk, jasa maupun layanan lainnya. Terutama jika didasarkan pada fakta bahwa facebook masih berada di posisi media sosial terbesar di dunia.

Selain itu, facebook juga berkembang pesat dari dua juta pengguna pada tahun 2009, kemudian menjadi 42 juta di tahun ini. Meliputi 25 juta laki – laki dan 17 juta perempuan. Serta telah menjadikannya sebagai media sosial paling populer di Indonesia dan kedua terpopuler di amerika. Wajar saja karena facebook memberikan ruang yang bisa digunakan secara bebas oleh penggunanya.

Sebuah pesan yang dikirimkan mampu menyebar dengan sendirinya di wall maupun di pesan masuk yang terhubung satu sama lainnya. Diperkuat pula dengan ketersediaan fitur yang lengkap mulai dari group, page, event, RSS dan aplikasi sehingga cukup memudahkan dalam berbisnis.

Berdasarkan hal itu, wajar saja jika kemudian facebook ini menjadi kendaraan marketing yang efektif. Terlebih situs buatan Mark Zuckenberg ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup dan rutin digunakan oleh penggunanya.

Kemudian apa saja kekuatan media sosial ini sebagai media pemasaran?

Pelanggan bisa melakukan transaksi atau melihat berbagai macam produk dengan nyaman, kapan saja dan dimana saja. Begitu pula dengan kemudahan browsing yang dirasakan lebih ringan dibandingkan dengan harus berkeliling kota. Pun demikian halnya dengan pelanggan yang mudah membandingkan satu produk dengan yang lainnya termasuk membaca review deskripsi produk yang ditawarkan.

Sedangkan dari segi penjual, tentu aktivitas penjulan bisa berlangsung selama 24 jam tanpa henti bahkan ketika anda sedang tidur. Penjual juga tak perlu memiliki tempat yang strategis.

Namun untuk mencapai kesuksesan perlu beberapa syarat yang dimiliki seorang online seller meliputi;

  • Memiliki banyak teman dan relasi
  • Memiliki fans page dengan pengikut yang banyak
  • Sabar
  • Tekun
  • Kreatif
  • Berani investasi terutama ketika menggunakan layanan iklan berbayar
  • Komunikatif

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s