Perangi Taliban, Militer Amerika Siapkan Pesawat Mini Supercanggih

Ukurannya cukup kecil, sehingga cukup diletakan diatas telapak tangan orang dewasa. Namun, jangan sepelekan karena ukurannya, inilah prototype senjata canggih yang baru saja dikembangkan Amerika untuk memerangi kelompok Taliban. Para pejabat militer yakin bahwa perangkat mata – mata canggih bernilai 20 ribu poundsterling berkode SQ-4 Recon tersebut, merupakan pesawat nir awak terkecil di dunia yang bisa menyelamatkan para tentara di Afganistan.

Perangkat yang menyerupai helikopter mini ini, merupakan miniatur Little Nellie, sebuah perangkat canggih seperti yang digunakan James Bond dalam filmnya yang berjudul You Only Live Twice. Di bagian depannya, ada dua buah kamera yang mampu menampilkan keadaan di atas sebuah bukit bahkan hingga ke dalam bunker tanpa khawatir bakal terbunuh atau terluka. Lantaran para tentara sendiri mengendalikannya dari jarak jauh menggunakan remote control yang menyerupai tablet PC berukuran 7 inch.

Kamera – kamera ini sanggup mengirimkan gambar video secara langsung maupun foto – foto statis yang diperoleh secara real time. Selain itu, kamera tersebut juga dipersenjatai dengan sistem penginderaan malam (night vision) sehingga sanggup melaksanakan operasi senyap di malam hari.

Adapun, peralatan canggih ini hanya seberat tujuh ons dan berdiameter sembilan inch. Hebatnya, perangkat ini sanggup mengudara selama 30 menit dan dapat mengudara layaknya burung ketika mesinnya dimatikan. Benda ini juga sanggup melaksanakan operasi pengintaian selama delapan jam lamanya.

Proyek pembuatan SQ-4 Recon tersebut, dikembangkan oleh BCB International and Middlesex University’s Autonomous Systems Laboratory, dan diarahkan untuk kepentingan pertahanan dan keamanan oleh militer amerika.

“Video yang ditampilkan sanggup memberikan detail informasi mengenai keberadaan lawan, bagaimana penampilan mereka dan menggunakan senjata jenis apa,” jelas Andrew Howell, direktur pengelola BCB International, sebagaimana dilansir situs berita Dailymail, Jumat (03/8).

Ia menambahkan bahwa pesawat nir awak yang kini digunakan, dianggap terlalu besar dengan sayap konvensional. Sehingga mudah menjadi target para penembak Taliban di Afganistan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s