Kupas Tuntas Masalah Blackberry Lemot

Blackberry jika dimanfaatkan maksimal maka bisa memberikan banyak manfaat bagi penggunanya. Tak terkecuali untuk menunjang kinerja sehari – hari semisal berkirim file berukuran besar dengan menggunakan fasilitas push email, ataupun untuk berkomunikasi via BBM Group, pesan instan ataupun mengikuti setiap kejadian di sekitar melalui kemudahannya dalam mengakses data internet.

Namun, dengan seabrek fasilitas yang selalu terkoneksi, blackberry kerap kali mengalami penurunan performa, dicirikan dengan munculnya jam pasir berkali – kali yang menandai proses loading yang lama. Permasalahannya terletak pada Random Access Memory (RAM) yang habis terpakai sehingga prosesor tak mampu melaksanakan fungsi multi tasking secara maksimal.

Ada beberapa penyebab habisnya memory RAM, bisa karena terlalu banyak aplikasi terinstal maupun terlalu banyak aplikasi yang berjalan (running applications). Padahal aplikasi terinstal tak hanya menghabiskan ruang penyimpanan namun menghabiskan memory aplikasi RAM lantaran aplikasi terus berjalan dan menguras kinerja prosesor.

Selain itu, memory bisa juga habis lantaran terlalu banyak data yang tersimpan di memory data blackberry dan media card. Sehingga prosesor memerlukan daya lebih besar untuk membaca data – data yang terlalu banyak. Semisal file gambar dan file musik maupun video. Prosesor butuh energi lebih banyak ketika blackberry baru dihidupkan lantaran prosesor perlu membaca data – data yang tersimpan.

Proses memori yang terlalu berat itu, selain memperlambat kinerja blackberry, juga biasanya membuat batere lebih boros serta mesin cepat panas. Pada akhirnya, anda tidak akan dapat lagi memaksimalkan fungsi – fungsi blackberry.

Oleh karena itu, segera kenali permasalahan yang membuat blackberry mengalami penurunan performa. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi beban prosesor.

1. Restart blackberry secara berkala, semisal di pagi hari sebelum berangkat kerja. Dengan cara melepas batere kemudian diamkan selama lima menit dan dipasang kembali.

2. Hapus cache yang tersimpan di memory aplikasi. Caranya dengan mengklik option – security option – advance security option – memory cleaning.

3. Hapus file sampah memory dengan mengklik kombinasi alt+ LGLG.

4. Hapus cache browser dengan mengklik browser – option – cache operation – clean history.

5. Hapus cache setiap aplikasi yang terinstal. Semisal Twitter dan facebook. Cache di kedua aplikasi ini cukup besar, lantaran data yang diproses semisal pembaharuan status memakan memori yang tak sedikit serta pencatatannya tersimpan di memori aplikasi blackberry. Hapus cache yang biasanya terdapat di menu option – clear cache.

6. Minimalkan aplikasi online yang tak terpakai semisal fasilitas instant messaging Yahoo Messenger. Jika jarang dipakai, lebih baik aktifkan saat akan menggunakannya saja. Pun demikian halnya dengan aplikasi chatting di facebook. Jika keduanya terus diaktifkan, prosesor memerlukan tenaga lebih besar untuk memastikan ada tidaknya pembaharuan di kedua aplikasi chatting tersebut. Memori banyak terpakai serta batere akan cepat lebih boros.

7. Hapus email – email yang masuk menggunakan dua pilihan yang tersedia. Misalnya hapus email di server penyedia email dengan menggunakan pilihan hapus On Mailbox and Handheld. Dengan demikian, satu kali penghapusan bisa melaksanakan dua operasi sekaligus yakni menghapus email di blackberry dan email di server penyedia email yang tampak ketika diakses menggunakan komputer desktop. Pilihan ini, diambil jika email – email tersebut, benar – benar tidak diperlukan. Namun, jika ternyata ada email yang terhapus, anda masih dapat memulihkannya lagi dengan cara mengakses menggunakan komputer dan mencari email terhapus di bagian trash.

Pilihan kedua yakni menggunakan opsi delete on handheld. Pilihan ini hanya untuk menghapus data email yang tersimpan di blackberry saja tanpa menghapus data di server penyedia layanan email.

Upayakan data email dan sms / mms tak menumpuk terlalu banyak karena akan menambah beban prosesor untuk sehingga konsumsi batere pun semakin boros.

8. Hapus cache Blackberry Messenger (BBM) dengan cara menghapus pembaharuan terkini. Jika merasa tak diperlukan, fitur ini juga bisa dinonaktifkan. Bersihkan pula cache BBM Group dengan cara memilih group kemudian klik pada group update. Halaman ini mencatat semua aktivitas di grup BBM mulai dari riwayat chating serta riwayat berbagi gambar. Caranya dengan menghapus semua pembaharuan tersebut lantaran memakan memori yang cukup besar. Biasakan pula untuk mengakhiri chat yang sudah dipakai, jangan terlalu banyak menumpuk riwayat chating yang dibiarkan terbuka, serta bersihkan pula riwayat chating di grup lewat opsi clear chat. Cermat pula memilih grup yang akan diikuti karena semakin banyak grup, maka semakin berat juga kinerja prosesor, artinya akan semakin banyak memori yang terpakai untuk mencatat segala aktivitas di grup.

9. Pindahkan data – data yang sudah menumpuk di media card. Jangan biarkan tersimpan terlalu banyak karena akan menambah kinerja prosesor.

10. Pemakaian Blackberry sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan. Sehingga dengan demikian, anda pun bisa memilih aplikasi mana yang akan dipasang. Jangan biarkan terlalu banyak menginstal aplikasi karena blackberry menyediakan fitur pembaharuan otomatis (update / upgrade) pada setiap aplikasi. Notifikasi pembaharuan ini juga memakan cukup banyak memori, hal ini tampak pada catatan penggunaan memory pada aplikasi Blackberry App World. Semakin banyak pembaharuan yang tersimpan, maka semakin banyak pula memory yang terpakai.

Secara sederhana, tak ada satupun aktivitas yang tak tercatat di blackberry. Dengan demikian, semakin banyak aktivitas yang dilakukan, maka semakin banyak pula pencatatan yang terekam di blackberry.

11. Jika sudah memastikan semua proses memori bersih, namun blackberry masih juga menunjukan kinerja yang lambat, maka sebaiknya lakukan pemeliharaan total dengan cara mengambalikannya pada pengaturan awal. Di Blackberry bisa ditempuh dengan cara wipe handheld. Namun, sebelum melaksanakannya, pastikan semua data sudah di back up di komputer.

Analogi sederhana yang bisa menggambarkan kenapa blackberry kian melambat, karena blackberry sudah dipaksa melaksanakan berbagai macam tugas yang berada di luar toleransi kemampuannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s