Sepeda Canggih Berteknologi F1

Raksasa otomotif kenamaan Aston Martin, kembangkan sebuah sepeda yang sarat dengan teknologi tinggi. Bahkan teknologi itu diketahui merupakan alat yang kerap kali dipasang dalam sebuah mobil F1 dan digunakan pula pada mobil sport Aston Martin berkode One-77.
Bagaimana tidak, sepeda seharga 25 ribu dolar amerika ini, dipersenjatai dengan perangkat super komputer yang tertanam di bodi sepeda tersebut. Komputer tersebut memiliki kemampuan untuk merekam ratusan informasi termasuk kecepatan, temperatur lingkungan, sudut kemiringan rute, tingkat pernapasan pengendaranya, atau pun pengukuran terhadap suhu tubuh pengendara. Tak hanya itu saja, seluruh data itu juga bisa dibagikan dengan perangkat digital lainnya semisal ponsel pintar maupun peralatan lainnya dengan menggunakan koneksi bluetooth. Informasi – informasi itu disajikan secara apik lewat sebuah panel monitor dengan teknologi layar sentuh.
Engkol sepeda juga tak ketinggalan menjadi medium pengukuran gerakan kaki yang sanggup merekam ratusan data setiap detiknya. Belum lagi perangkat elektronik yang tertanam di pegangan stang sepeda yang sanggup mengukur detak jantung, merekam posisi GPS, kelembapan udara serta ketinggian dataran. Adapun kelir pewarnaan yang digunakan dalam sepeda ini termasuk yang termahal di dunia, mereka menyediakan tujuh pilihan warna termasuk diantaranya yang model hijau racing bergaya klasik.
Namun sayangnya sepeda itu hanya diproduksi sebanyak 77 unit saja sesuai dengan nama produknya yakni One-77 Bicycle, serta empat diantaranya sudah dipesan oleh konsumen dari Australia, Jepang, dan Brazil.
Sepeda ini, dikembangkan oleh Norfolk yang merupakan bagian dari perusahaan Factor Bikes. Perusahaan ini biasanya memproduksi berbagai macam komponen motor sport dan industri pesawat ulang alik. Tim yang beranggotakan 15 orang ahli ni, mulai mengerjakan proyek pada tahun lalu hingga kemudian mulai merancangnya di bawah bendera Aston Martin.
Simon Roberts, Project Manager di perusahaan Factor Bikes membenarkan bahwa pihaknya memang telah menggunakan begitu banyak perangkat elektronika untuk merekam berbagai informasi penting baik sepeda itu sendiri maupun pengendaranya.
“Komponen yang tertanam di sepeda ini biasa digunakan untuk mobil Formula 1, Indycar, World Rally dan Moto GP. Beberapa daftar perusahaan yang menjadi klien komponen tersebut diantaranya Ferrari, Lamborghini, Bentley, Aston Martin dan Maserati,” paparnya kepada Dailymail.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s