Lindungi Anak dari Bahaya Negatif Internet

Penyalahgunaan internet menjadi ancaman yang nyata terutama bagi anak – anak. Selain melalui upaya pendampingan orang tua, guna meminimalisir dampak negatif internet dapat ditempuh juga melalui penggunaan software pendukung. Berikut merupakan beberapa browser yang didesain untuk anak – anak, yang memadukan aktivitas belajar dan hiburan.

 

1.    BMKids Browser
Didesain khusus untuk anak – anak dengan tampilan yang penuh warna. Browser buatan Bamboomedia milik Putu Sudiarto ini dirancang mampu menyeleksi konten apa saja yang sesuai dengan usia anak. Sehingga orang tua pun tidak perlu terlalu was was ketika anak mulai mengenal dunia internet.
Selain menawarkan jaminan keamanan, browser ini pun dilengkapi dengan fasilitas – fasilitas yang bermanfaat bagi anak, semisal mengenal bentuk huruf dan matematika. Bamboomedia juga membuat sebuah grup yang mirip jejaring sosial, sehingga anak bisa mendaftar menjadi anggota dan bisa menemukan teman yang seusianya. Browser ini dapat diunduh gratis di situs Bamboomedia.

 

2.    KidZui
Browser ini dirancang untuk anak berusia 3 – 12 tahun. KidZui dikemas dengan tampilan colorful dan mampu menangkal ancaman situs – situs porno. Browser ini pun memberikan fasilitas email berkala yang akan dikirimkan setiap minggunya. Email tersebut berisi informasi aktivitas apa saja yang dilakukan anak saat berinternet. Selain itu, KidZui juga menyediakan fasilitas game online dan ribuan video lucu yang cocok bagi anak. Browser ini bisa diunduh secara gratis di situs KidZui.

 

3.    KidRocket
KidRocket memiliki tampilan yang menarik dan interaktif seperti flashcard, dilengkapi pula dengan aplikasi paint dasar. Bagi yang berusia lebih dewasa, diperbolehkan mengakses fasilitas email dasar. Software ini bisa diunduh di situs KidRocket dan bisa dibawa kemanapun karena sifatnya portable.

 

4.    Pikluk
Pikluk menawarkan fasilitas email yang bisa diatur sehingga bisa memilih siapa saja yang dapat mengirimkan surat elektronik tersebut. Sedangkan urusan browsing, pikluk menyediakan pengaturan daftar website mana saja yang boleh dikunjungi anak. Selain itu, anak tidak bisa mengakses bagian-bagian komputer lainnya semisal dokumen maupun arsip milik orang tuanya. Fasilitas ini akan dijalankan secara otomatis ketika jendela browser dibuka. Software dapat diunduh di situs resmi Pikluk.

 

5.    Buddy Browser
Browser ini menawarkan fasilitas pencegahan akses terhadap situs-situs yang tidak cocok bagi anak. Selain itu, anak – anak bisa bergabung ke dalam grup jejaring sosial yang khusus diperuntukan bagi anak seusianya. Tersedia juga ribuan video youtube yang bersifat edukatif dan menghibur. Software ini pun bisa diunduh di website resmi buddy browser.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s