Cara Sakti MacGyver, Memperbaiki Tutup Kipas Angin

Jogja akhir – akhir ini panas banget. Sialnya, kipas sakti satu – satunya malah rusak. Alhasil, kembali lagi ke zaman “baheula”, kipas – kipas pake buku catetan yang udah lecek. Hufff..

Sebenarnya tu kipas, rusaknya bukan dari komponen kelistrikan atau kerusakan parah. Rusaknya cuma dari penutup kipas berbahan plastik yang sompal. Jadi gak bisa menahan kipas dari rotor utama. Meskipun sederhana, ternyata alat ini bikin kipas saya gak berfungsi. Sudah pernah cari mur ukuran 12 seperti ini tapi gak ada yang cocok. Masalahnya, ni penutup pake sistem ulir ke kiri, sedangkan mur lainnya menggunakan sistem ulir ke kanan. Puter sana puter sini, gak nemu juga tu mur. Apakah ada yang mengalami hal serupa? Saya pake kipas angin merek cosmos. Kalau ada yang mengalami hal serupa, berarti ni kipas kelemahannya di situ.

Gak mau tu kipas berakhir begitu aja, cari akal akhirnya. Dan aaahaaa ! Saya ngelirik tutup ballpoint yang bentuknya mengerucut. Saya coba masukin ke rotor yang berulir, ah ternyata semakin diputer, semakin kenceng. Ok, karena terlalu panjang, tutup ballpoint itu saya potong, disesuaikan dengan ukuran rotor dan kipasnya. Cukup menguras keringat juga, tapi akhirnya jadi juga. Setelah dipasang ternyata, kuat menahan baling – baling kipas. Akhirnya saya bisa tersenyum puas tanda kemenangan.

Bahan – Bahan :
Sederhana, cuma tutup ballpoint bekas sama pisau. Plus tekad dan niat…hehehe..

Ini tutup kipas alias pengunci yang rusak
Tuh kan keliatan sompalnya? udah gak bisa dipake tu kipas angin
Ni bahan utamanya, tutup ballpoint ! Sederhana kan?
Aaahaaa…jadi nih!

Silahkan mempraktikannya.

3 thoughts on “Cara Sakti MacGyver, Memperbaiki Tutup Kipas Angin”

  1. Infox mantap gan
    Setelah searching kesana kemari cuma buat benerin kunci kipas akhirnya ketemu juga blog agan
    Thank a lot pokonamah

  2. Thanx bro infonya, usefull bgt. Ane seharian cari mur ulir kiri susah bgt. Ane lgsg praktekin aja nih tehnik ini, ternyata berhasil..

Leave a Reply

