bungkus

Bungkus Rokok yang Bikin Saya Merinding !!!

Hari Minggu kemarin kebetulan saya bertemu dengan para pejabat dari Dirjen Penerangan, Kementerian Penerangan, Komunikasi dan Kebudayaan Malaysia di Gajah Wong Cafe, Jalan Gejayan, Yogyakarta. Suasananya santai, karena undangannya pun hanya sekadar makan malam bersama.

Ditengah percakapan kesana kemari, kami sempat membahas isu seputar masalah klaim kesenian. Perbincangan tetap santai, meski saya tahu bahwa dia pun cukup berhati – hati ketika hendak menjawab pertanyaan. Ok tinggal saja sementara bahasan tentang klaim kesenian karena saya juga tidak akan membahasnya disini.

Yang menarik, kala itu, seorang staf dari kementerian menanyakan apakah saya merokok? lantas saya jawab dengan mengeluarkan satu bungkus rokok starmild (ben disebut iklan juga, faktanya saya memang membawa rokok starmild – STARMILD ya bukan STAR-MILF) hehehe.. kemudian dia menawarkan satu bungkus rokok merek Dunhill untuk dibawa pulang. Saat diberikan, ia menutup sebagian bungkus rokok dibagian atasnya. “Jangan kaget ya lihat bungkusnya” ujarnya.

Saya penasaran dong, ada apa gerangan. Then guest what? ternyata memang rokok di Malaysia (harus saya akui) lebih maju dibandingkan dengan kemasan rokok yang ada di Indonesia. Jika di indonesia hanya menuliskan tentang bahaya merokok bagi kesehatan, rokok – rokok di Malaysia menambahkannya juga dengan gambar yang saya anggap sadis dan bikin merinding. Mereka membuat visualisasi di bagian atas bungkus rokok depan dan belakang dengan gambar efek dari bahaya merokok, ada janin yang lahir tidak sempurna, ada paru – paru yang bolong dan kebetulan saya mendapat gambar bahaya kanker dari merokok. Sempat mikir ulang lagi sih untuk merokok, tapi yaaa,,,godaan merokok tetap membutakan mata. Untuk lebih jelasnya lihat gambarnya.. gambarnya rada sadis nih

Dunhill Tampak Depan
Dunhill tampak belakang
Starmild Tampak Depan
Starmild Tampak Belakang

Pertanyaannya kemudian, kenapa di Indonesia belum menerapkan kebijakan serupa untuk mengingatkan para perokok? Kenapa selama ini hanya mengandalkan tulisan saja, dan kenapa tidak dilengkapi dengan gambar? padahal, masyarakat terus maju menuju budaya visual. Gambar terlihat lebih eye catching dan mudah dicerna dibandingkan dengan bahasa tulisan yang saya yakin jarang sekali dibaca karena letaknya disamping atau pun di bagian belakang bawah bungkus rokok. Tapi gambar yang ada di bungkus rokok yang saya terima ini, ditempatkan di penutup rokok bagian depan dan belakang. Jadi ketika mau mengambil rokok ya mau gak mau pasti ngeliat gambar yang menurut saya ngeri. Kalo balik lagi ke hati nurani, untuk memerangi bahaya rokok ini memang ada baiknya mulai menerapkan kebijakan serupa.

Akhirnya, sesampainya di rumah, saya keluarkan itu batang rokok, kemudian menggantinya dengan bungkus yang lain..hahahahaha..dasarrrr belom sadar – sadar nih..

Leave a Reply

